Translate

Rabu, 19 Desember 2012

Fokker

Fokker adalah produsen pesawat Belanda yang dinamakan menurut pendirinya Anthony Fokker.

 

Sejarah

Perusahaan ini didirikan pada 21 Juli 1919 oleh seorang Belanda, Anthony Fokker (1890–1939), salah seorang penjelajah penerbangan dunia. Anthony Fokker dilahirkan di Blitar, Jawa Timur, Indonesia 6 April 1890 yang mana masa itu orang tuanya bekerja pada pengawas perkebunan kopi di wilayah Kediri. Pada usia 20, dia telah membuat kapal terbang pertamanya, Spin (laba-laba), kapal terbang buatan Belanda yang pertama terbang di negara asalnya. Pada tahun 1912, dia mendirikan perusahaan pertamanya, Fokker Aeroplanbau di Berlin, Jerman, kemudian berpindah ke Schwerin.
Di sana, Fokker membuat kapal terbang bagi pihak tentara Jerman semasa Perang Dunia I, dipaksa sebagai rekan kongsi Hugo Junkers oleh kekaisaran Jerman. Dia mencipta nama dengan kapal terbangnya Fokker E.III, yang menggunakan mekanisme yang memungkinkan penerbang menggunakan senapan mesin di kapal terbang mereka tanpa memusnahkan kipas mereka (menggunakan gigi pengganggu), Fokker D.VII, dan Fokker Dr.I tiga sayap yang terkenal karena pernah digunakan oleh Manfred von Richthofen, lebih dikenal sebagai Baron Merah.
Pada tahun 1919, Fokker berpisah dari Junkers, kembali ke Belanda, dan memulai perusahaannya sendiri. Dia tidak kembali dengan tangan kosong; Fokker berhasil menyelundupkan satu kereta api penuh pesawat tentara D.VII dan C.I termasuk alat ganti menyeberangi perbatasan Jerman-Belanda. Simpanan permulaan ini memungkinkannya mendirikan kedai dengan cepat.
Selepas pemindahan perusahaannya, keberhasilan utamanya terletak pada kapal terbang perdagangan, pesawat penumpang bukannya pesawat tentara, walaupun Fokker masih terus mereka dan membuatnya, sebahagian besar untuk tentara udara Belanda. Pengecualian jelas hanyalah bagi tentera udara Finlandia, yang sebahagian besar dilengkapi dengan kapal terbang C.V, C.X and D.XXI.
Pada tahun 1920-an, kejayaan Fokker terbesar adalah pesawat penumpang tiga motor, yang menguasai pasaran Eropa hingga tibanya kapal terbang logam sepenuhnya dari Amerika Serikat dan Jerman pada pertengahan 1930-an.
Pada Desember 1939, Anthony Fokker meninggal di Amerika Serikat, di mana cabang Amerika perusahaannya amat sukses.
Pabrik Fokker di Belanda musnah sama sekali semasa Perang Dunia II, dan pabrik baru didirikan bersebelahan Bandara Schiphol berdekatan Amsterdam, pada tahun 1951. Di sana, beberapa kapal terbang tentera dibangun di bawah lisensi, antara lain dari F-104 Starfighter Lockheed. Kemudahan pengeluaran dan baik-pulih kedua didirikan di Woensdrecht.
Fokker merupakan salah satu daripada rakan kongsi gabungan (konsorsium) yang menghasilkan F-16. Konsorsium ini bertanggung jawab bagi pengeluaran, F-16 Fighting Falcon jet, pejuang bagi Angkatan Udara Kerajaan Belgia, Denmark, Belanda dan Norwegia. Ia terdiri darip agensi administrasi dan perusahaan dari empat negara dan Amerika Serikat. F-16 dipasang dengan bagian daripada lima negara di kilang Fokker dan di SABCA di Belgia.
Pada tahun 1958, Fokker F-27 "Friendship" diperkenalkan, yang menjadi pesawat udara turboprop paling laris (hampir 800 unit dijual antara 1958 hingga 1986). F-27 diikuti oleh Fokker F-28 "Fellowship", Fokker F50, Fokker F70 dan Fokker F100. F-27 dan kemudian F-28 bertugas dengan Penerbangan Kerajaan Belanda (Dutch Royal Flight), Pangeran Bernhard sendiri merupakan peterbang.
Pada tahun, 1969, perusahaan Fokker setuju untuk bekerja sama dengan Bremen-berdasarkan Vereinigte Flugtechnische Werke (mewakili ERNO) di bawah pengawalan perusahaan pemegang,,transnasional. Mereka bekerja sama untuk membuat VFW-614, regional jetliner yang gagal. European Space Agency ESA pada Juni 1974 menamakan konsorsium yang diketuai oleh ERNO-VFW-Fokker GmbH untuk membuat modul bagi Spacelab.
Pada tahun 1996 perusahaan Fokker dinyatakan bangkrut, tetapi sebagian perusahaan tersebut masih kekal. Divisi angkasa menjadi prusahaan bebas yang masa kini dikenal sebagai Dutch Space. Cabang perusahaant yang menghasilkan bagian kapal terbang dan meneruskan kerja-kerja memperbaiki dan penyelengaraan diambil alih oleh Stork N.V.; kini dikenal sebagai Stork Aerospace Group. Stork Fokker ada untuk melestarikan pemasaran kembali kapal terbang syarikat Fokker yang sudah ada.
Sementara itu, Rekkof Aircraft ("Fokker" terbalik) sedang mencoba memulai kembali penghasilan Fokker 70 NT, disokong oleh pembekal dan perusahaan penerbangan.

 

Fokker terkemuka

  • Pengenalan Fokker E.I kepada pasukan tentara udara Jerman pada tahun 1915 mendorong kepada Fokker Scourge pertama.
  • Manfred von Richthofen, atau "Baron Merah", memandu pesawat Fokker Dr.I bersayap tiga (1917–1918)
  • Pengenalan Fokker D.VII kepada pasukan tentara udara Jerman pada tahun1918 mendorong kepada Fokker Scourge kedua
  • Amelia Earhart, wanita pertama yang terbang menyeberangi Atlantik (dari US ke kota kecil Wales di Burry Port) melakukannya pada tahun 1928 menggunakan Fokker F.VII
  • Pada tahun yang sama, Charles Kingsford-Smith menyempurnakan penerbangan trans-Pasifik pertama menggunakan F.VII yang lain.
  • Fokker S-14 "Machtrainer" adalah pesawat latihan jet pejuang yang pertama di dunia dibangun khusus bagi tujuan tersebut pada tahun (1951)

 

Pesawat yang dibuat atau dirancang oleh Fokker

  • Fokker 50
  • Fokker 70
  • Fokker 100
  • Fokker B-8
  • Fokker C.V
  • Fokker D.VII
  • Fokker D.VIII
  • Fokker D.XXI
  • Fokker Dr.I
  • Fokker E.III
  • Fokker E.V
  • Fokker F.VII
  • Fokker F27 "Friendship"
  • Fokker F28 "Fellowship"
  • Fokker G.1
  • Fokker XA-7

Tidak ada komentar: